Main Article Content

Abstract

Analisis Daya Dukung Potensi Wisata Bahari Baru Di Kawasan Wisata Pulau Weh Sebagai Pulau Terluar. Pulau Weh memiliki panorama alam yang menarik yang tersebar dihampir semua wilayah, salah satunya adalah keindahan pantai, pemandangan bawah laut dengan terumbu karang, berbagai jenis ikan hias, pemandangan alam pegunungan, dan monumen tugu kilometer nol Indonesia. Lokasi penelitian dilakukan di Pulau Sabang. Metode penelitian yang digunakan dalam bentuk deskriptif kualitatif, dengan menggunakan pendekatan survei. Polupasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pelaku bisnis, masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Objek Wisata Pantai Iboh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, pengamatan, dokumentasi, studi pustaka, kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif berdasarkan persentase, tentang penilain aspek fisik dan penialaian aspek prilaku masyarakat. Sedangkan untuk mengkaji potensi objek wisata, dilakukan analisis penilaian dan pengharkatan berdasarkan potensi yang dimiliki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, empat aspek yang dianalsis, yaitu: atraksi, aktifitas, aksesibilitas dan amenitas menunjukkan bahwa semua aspek diatas memberikan kontribusi dalam pengembangan potensi wisata baru yang dapat dikembangkan di Pulau Weh, namun fokus pengembangan potensi daya tarik wisata yang ada di Pulau weh yaitu pada aspek fisik untuk mendukung atraksi dan aktivitas wisata yang ada.

Keywords

potensi wisata Aspek fisik Atraksi aktivitas

Article Details

How to Cite
Agus, A. (2019). ANALISIS DAYA DUKUNG POTENSI WISATA BAHARI BARU DI KAWASAN WISATA PULAU WEH SEBAGAI PULAU TERLUAR. Pusaka: Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event, 1(2), 1-14. https://doi.org/10.33649/pusaka.v1i2.14

References

  1. Arikunto Suharsimi, 2000. Manajemen Penelitian. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.
  2. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam 2010. Aceh nan Kaya Objek Wisata dan Budaya,. Banda Aceh.
  3. Gamal Suwantoro. 1997. Dasar-Dasar Pariwisata. Yogyakarta : Andi
  4. Griffin. Jill, 2003. Customer Loyalty. Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Penerbit Erlangga. Jakarta
  5. Heru Susanto. Ikan Hias Air Laut. Depok: Penebar Swadaya
  6. Marpaung, Happy, 2002. Pengetahuan Kepariwisataan Alfabeta Bandung.
  7. Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Cetakan Keenam. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.
  8. Pearce, Douglas. 1983. Toursit Development : Topics In Applied Geography. England : Longmand Group Limited
  9. Singarimbun dan Effendi. 1995. Metode Penelitian Survei. Cetakan Kedua. Jakarta: PT. Pustaka LP3ES Indonesia.
  10. Sinulingga, Sukaria. 2012. Metode Penelitian. Medan: USU Press
  11. Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Bisnis. Penerbit CV. Alfabeta Bandung.
  12. Yoeti. Oka A. 2000. Pemasaran Pariwisata, Angkasa Bandung
  13. Yoeti. Oka A. 2002. Perencanaan Strategis Pemasaran Daerah Tujuan Wisata, Jakarta : PT. Pradnya Paramita.